Cara Sukses Berternak Kelinci

Cara Sukses Berternak Kelinci - haloo sahabat tani, kali ini kami akan berbagi tips cara sukses bertenak tani, nah bagi anda yang tertarik dengan peluang usaha ini silahkan anda praktekan dirumah.

Kelinci

Berikut ini beberapa enis kelinci unggul yang banyak dibudidayakan.
  1. Jenis Flemish Giant, Seperti kelinci ini bobotnya bisa mencapai ukuran 10 kg. Dan rata-rata ras flemish giant dewasa berbobot 5 kg.
  2. Jenis New Zaeland White, kelinci ini berasal dari amerika, kelinci ini hasil dari persilangan flemish giant dan bisa mencapai 5,5 kg. Dan rata-rata jumlah anak dalam sekali kelahiran 10 - 12 ekor.
  3. Jenis Satin. Ras ini berasal dari amerika serikat, dan bobotnya bisa mencapai sekitar 3 - 5 kg dengan jumlah anak per kelahiran 7 - 10 ekor.
  4. Jenis Rex, jenis ini banyak dijadikan kelinci pedaging. Ternak kelinci rex paling cocok dilakukan di tempat berhawa sejuk, paling optimal tumbuh pada suhu sekitar 5 - 15 °C, dan bobotnya bisa mencapai sekitar 5 kg dan rasa dagingnya sangat enak dan lezat.
  5. Kelinci lokal atau kelinci jawa, sebenarnya jenis ini kurang cocok untuk usaha ternak kelinci, tapi penyebarannya sudah begitu banyak di Indonesia. Jadi terserah anda mau pilih ternak kelinci yang mana.
Cara Ternak Kelinci
  • Jika kita ingin berternak kelinci mulai dari anakan maka sebiknya kandang yang kita sediakan adalah kandang baterani yang diberi litter, nanum apabila untuk indukan, maka cukup dibangun kandang baterai saja, jangan lupa diberi penerangan lampu listrik
  • Ukuran box atau kandang kelinci 70 x 50 x 60 cm, ini bisa memuat 5 ekor. Namun apabila kita ingin megembang biakkan maka dalam satu box kandang cukup diisi dengan sepasang.
  • Siapkan makanan kelinci, seperti daun kacang-kacangan, sayuran seperti kangkung dan wortel, rumput unggul yang masih muda, daun umbi jalar atau ketela.
  • Harus selalu siap sedia obat dan obat yang paling utama adalah vitamin C dan antibiotik.
  • Pengontrolan sekaligus memberi pakan untuk kelinci dewasa cukup 2 kali sehari sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. 
  • Sedangakan untuk anakan sebaiknya dikontrol sesering mungkin.
Demikian informasi seputar ternak kelinci, dan anda juga bisa lihat cara berternak ikan koi kalau anda berminat.
semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar