Cara Menanam Cabe Rawit

Cara Menanam Cabe Rawit- Sahabat tani tentunya sobat sudah mengenal dengan rempah- rempah yang bernama cabe rawit? Cabe rawit merah mempunyai ukuran yang khas dibandingkan dengan variates cabe lainnya. Ukuran cabe rawit relatif kecil namun memiliki rasa yang begitu pedas. Harga cabe rawit saat ini semakin mahal dan begitu berharga. Oleh karena itu, cabe rawit ini menjadi salah satu usaha tani yang begitu populer dan menjanjikan untuk beberapa kalangan. Apalagi bagi mereka yang bertempat tinggal di dataran tinggi. Dengan mahalnya harga cabe rawit disini kami akan memberika tips sukses mengenai cara menanam cabe rawit merah yang tepat. Setelah sobat membaca dan mempelajari cara menanam cabe merah baik itu dalam  pot atau dalam polibag saya berharap semoga sobat bisa menjadi pengusaha tani cabe rawit yang sukses.

Baiklah,,, jika sobat ingin menanam cabe rawit merah, hal yang pertama sobat lakukan adalah harus memilih biji cabe rawit yang berkualitas. Pilihlah biji cabe dari buah cabe yang sehat alias tidak terlihat sakit. Setelah dipilih, kemudian buah cabe disayat untuk mengeluarkan bijinya. Biji cabe yang telah diambil kemudian dijemur selama tiga hari dengan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Setelah tiga hari, saatnya melakukan proses persemaian biji cabe rawit.

Setelah pemilihan biji kita lanjutkan ke Proses persemaian cabe rawit. Proses ini diawali dengan cara merendam biji cabe rawit di air hangat selama setengah jam, kemudian dilanjutkan dengan merendamnya dalam larutan perangsang akar selama sehari semalam. Buanglah Biji cabe yang mengapung karena biji tersebut tidak akan dapat tumbuh dengan optimal. Biji yang lolos seleksi dibungkus kain basah selama sehari semalam. Gunakan wadah semai seperti bak plastik, pada bagian dasarnya diberi lubang berdiameter 10 cm. Sebagai media semai, campurkan pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1 dan disiram dengan cairan perangsang akar. Persemaian yang dilakukan satu per satu dengan diberi jarak antar biji supaya saat telah siap untuk ditanam di pot, benih dapat dicabut dengan mudah. Setelah disemai, bagian atas wadah yang terbuka ditutup dengan plastik tipis untuk menghindarkan biji dari gangguan. Media semai dijaga kelembabannya dengan menyiramnya dengan air secukupnya dan ditempatkan di lokasi yang teduh. Setelah biji cabe rawit tumbuh dan mempunyai sekitar empat helai daun yang baik, bibit cabe dapat segera dipindah ke pot. Saatnya pembaca memulai cara menanam cabe rawit di halaman rumah yang prinsipnya sama saja dengan cara menanam cabe merah di polibag atau di dalam pot.

Media tanam untuk cabe rawit yang baik adalah dengan campuran tanah gembur, pupuk kandang, dan ditambah dengan kompos dengan perbandingan 1: 1: 1 yang kemudian dimasukkan ke dalam pot berdiameter sekitar 30 cm. Media tanam harus sudah siap sejak 14 hari sebelum dimulainya proses penanaman. Satu minggu sebelum penanaman, media tanam disiram dengan larutan perangsang pertumbuhan tanaman. Setelah media tanam siap, saatnya melaksanakan cara menanam cabe rawit ataupun menanam cabe merah dalam polybag.

Cara menanam cabe rawit yang benar yaitu diawali dengan memilih bibit cabe rawit hasil semai yang kualitasnya baik, yaitu yang telah mempunyai daun minimal 4 helai sempurna. Bibit dicabut dari media semai dengan hati-hati supaya akar bibit tidak rusak. Pada media tanam di pot dibuat lubang dengan ukuran yang sedikit lebih besar dibanding dengan bibit. Masukkan bibit ke dalam lubang dengan memadatkan daerah sekitar akar supaya bibit dapat tumbuh dengan baik, dan siram dengan air secukupnya. Demikianlah cara menanam cabe rawit, semoga dapat bermanfaat.

Demikian tips Cara Menamam Cabe Rawit yang bisa kami berikan pada kesemptan ini semoga informasi ini bisa memberikan wawasasan untuk anda para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar